1. Home
  2. »
  3. Tips
  4. »
  5. Anti Rempong! 11 Cara Menjadi Traveler Pemula yang Aman!

Anti Rempong! 11 Cara Menjadi Traveler Pemula yang Aman!

Tips Traveling ala Laycation

Traveling merupakan hal yang paling menyenangkan. Selain bisa refresh pikiran, traveling juga bisa membuat aku belajar banyak hal baru. Salah satu pengalamanku yang paling seru as traveler adalah ketika aku pertama kali solo travelling ke Jogja. Awalnya canggung dan bingung untuk eksplore Jogja sendirian, tapi pada akhirnya aku bisa memberanikan diri untuk menikmati solo travelingku. Hal ini yang membuatku lebih berani untuk melakukan apapun sendirian dan pada akhirnya aku ketagihan untuk solo traveling lagi. Nah, aku mau share tips pengalamanku menjadi traveler di artikel ini biar kamu bisa ketagihan traveling kayak aku!

11 Cara Menjadi Traveler Pemula yang Aman dan Praktis!

Tips Traveling by Laycation

Source: Tips Traveling by Laycation

1. RISET Tempat Wisata

Selalu pelajari tempat tujuanmu terlebih dahulu sebelum pergi traveling. Kamu bisa cari informasi di Google atau Media Sosial. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan adalah:

  • Rating dan review tempat wisata
  • Jarak tempuh dari penginapan ke tempat wisata dan antar tempat wisata
  • Waktu berkunjung
  • Harga tiket masuk
  • Persyaratan masuk tempat wisata
  • Sosial, budaya, dan kebiasaan mayarakat setempat
  • Bikin prioritas tempat wisata yang mau dikunjungi

2. RISET Tempat Penginapan

Kamu bisa riset melalui Google, Media Sosial, atau aplikasi penginapan seperti Traveloka, OYO, AirBnB, Bobobox, dll. Hal-hal yang perlu kamu riset adalah:

  • Rating dan review tempat penginapan
  • Jarak tempat penginapan dengan tujuan wisata dan stasiun atau bandara
  • Waktu check in dan check out
  • Fasilitas yang disediakan, seperti kamar mandi dalam, water heater, sarapan, dapur, kulkas, jenis tempat tidur, wifi, AC, dll
  • Kebersihan dan keamanan
  • Harga menginap beserta promo diskon
  • Kebijakan refund
  • Persyaratan menginap

3. RISET Sewa Kendaraan

Sewa kendaraan bergantung pada jenis kendaraan dan daerahnya. Sewa motor biasanya kisaran 60k-85k. Sewa mobil tanpa sopir biasanya sekitar 150k-400k, sedangkan dengan sopir biasanya 350k-750k.

Kelebihan menyewa kendaraan adalah kamu bisa bebas pergi kemana saja dan bisa lebih menghemat pengeluaran daripada naik ojol. Kalau kamu sewa mobil sekaligus dengan sopirnya, kamu bisa lebih mempermudah perjalanan wisata kamu karena kamu bepergian dengan orang lokal.

Kamu bisa riset melalui Google dan Media Sosial. Hal-hal yang perlu kamu pastikan informasinya saat menyewa kendaraan adalah:

  • Testimoni dari penyewa lainnya
  • Jenis kendaraan
  • Persyaratan menyewa
  • Jangan lupa minta STNK
  • Ketentuan pengembalian
  • Untuk mobil, pastikan bisa muat berapa orang
  • Untuk motor, pastikan sudah dapat helm dan jas hujan

Setelah menerima kendaraan, pastikan ban dalam keadaan baik. Kamu bisa isi bensin dan angin dulu sebelum pergi kemana-mana. Bagi pengendara motor, aku saranin banget pakai kaos kaki dan sarung tangan biar enggak kebakar sinar matahari dan belang.

4. Lengkap Tapi Minimalis

Usahakan bawa barang yang bener-bener dibutuhkan, jangan terlalu overthinking buat beli ini-itu yg mungkin bisa dibeli di jalan. Paling enak cuman bawa 2 tas, yaitu tas gendong sama waist bag. Beberapa tips yang bisa kamu gunakan, yaitu:

Tips Barang Bawaan Buat Travelling:

1. Kebutuhan Pribadi

Jangan lupa list kebutuhan pribadi seperti pakaian, alas kaki, skincare, makeup, alat-alat elektronik, obat-obatan, dan lain sebagainya yang biasa kamu butuhkan dan esensial dalam hidupmu sehari-hari.

2. Pakaian yang Sesuai

Gunakan pakaian yang nyaman, bagus buat foto, dan sopan bergantung dengan budaya masyarakat setempat.

3. Alat Mandi

Bawa alat mandi yang praktis. Aku selalu bawa odol mini, sikat gigi gratis dari hotel (karena ukurannya kecil), sabun mandi cair, shampo sachet, sabun cuci muka, dan handuk kecil.

4. Pembersih MukaUsahakan bawa pembersih muka yang berupa micellar water dan sudah ada oil-infused agar wajah bisa sekalian bersih, terutama buat yg bermake up.

5. Daleman (Underwear)

Khusus untuk cewek, kalau aku pribadi yang wajib diganti sehari dua kali itu celana dalam, untuk bra masih bisa dipakai sehari sekali.

6. Pakaian Bahan Rajut

Hindari membawa pakaian berbahan rajut karena bisa menuhin tas. Kalau tetep mau bawa bahan rajut, pilih yg sekalian tebel dan jadikan sebagai jaket, jadi enggak perlu bawa jaket lagi.

7. Kaos dan Celana Kain

Bawa extra kaos dan celana kain buat jaga-jaga kalau misal kamu kehujanan. Kaos dan celana kain enggak terlalu menuhin tas kamu.

8. Kresek atau Tas Plastik

Bawa kresek atau tas plastik buat melapisi pakaian, sandal, atau dokumen penting agar terlindungi ketika tiba-tiba kamu kehujanan atau tasmu basah. Kamu juga bisa membawa penutup tas untuk antisipasi kalau hujan.

9. Cutter

Bisa membawa cutter kecil karena biasanya berguna kalau kamu butuh makan sesuatu yang membutuhkan benda tajam.

10. Headset

Buat yg punya TWS, aku saranin bawa headset saja. Soalnya kalau TWS butuh dicharger dan itu kurang fleksibel untuk diperjalanan.

11. Dokumen Penting

Kartu yg penting: KTP, SIM, kartu ATM, kartu BPJS, dan kartu tambahan (bisa kartu pelajar/kartu mahasiswa ini bisa buat jaminan di sewa kendaraan, jadi enggak perlu nyerahin KTP). Kamu juga bisa menyimpan salinan kartu identitas, tiket, dan dokumen penting dalam email untuk antisipasi kalau kamu kehilangan dokumen berhargamu.

12. Kartu ATM

Bawa 1–2 kartu ATM aja. Taruh kartu ATM yg isinya paling banyak dirumah untuk antisipasi dan biar enggak hedon waktu travelling. Menurutku, booth ATM yg paling banyak dan gampang ditemui di pinggir jalan/minimarket itu BCA. Bawa uang cash juga secukupnya.

13. Kertas Nasi dan Botol Lipat

Bawa kertas nasi dan botol lipat. Kertas nasi buat cadangan aja, siapa tahu ada makanan yang perlu dibungkus. Kalau kertas nasi kan bisa dibuang, jadi enggak menuhin tas. Botol lipat ini juga praktis banget, bisa dilipat kalau enggak ada isinya. Jangan lupa juga bawa sendok dan sedotan.

5. Jangan Lupa Pakai Sunscreen

Kamu bisa pakai sunscreen yg semprot biar praktis dan handbody anti UV agar kulitmu terlindungi dari sinar matahari.

6. Pertimbangan Alas Kaki

Paling praktis emang pakai sepatu sandal, karena bisa aman saat hujan dan masih terlihat keren kalau buat foto2 waktu travelling. Tapi, kalau tetep mau pakai sepatu, bawa cadangan sandal (antisipasi kalau hujan).

7. Membeli Paket Data yang Sesuai

Khusus kebutuhan internetmu, kamu bisa isi paket data yg punya paket data luar local kalau kamu bepergian ke luar kota.

8. Atur Waktu

Ketika travelling sebisa mungkin atur waktu yang tepat. Ini bisa bebas terserah kamu, tapi saranku pastikan kamu benar-benar bisa menikmati liburan kamu. Jangan bikin timeline yang terlalu padat, pastikan diri kamu tidak terlalu capek dan selalu happy. Perhatikan waktu operasional tempat wisata dan waktu keberangkatan kereta atau pesawat kamu.

9. Coba Tempat Wisata Terdekat Dulu

Kamu bisa nih coba untuk berwisata di kota kamu dulu, terus coba di kota lain yang satu provinsi, lalu coba di kota lain beda provinsi, kemudian coba ke beda pulau, terus coba ke negara tetangga terdekat, dan pada akhirnya bisa keliling ke tempat mana pun yang pengen kamu jelajahi. Menurutku, traveling itu juga merupakan ajang belajar dan tidak boleh sembarangan karena bisa sangat berbahaya.

Untuk belajar menjadi traveler pemula apalagi solo traveler, kamu juga bisa ikut program trip dengan agen paket wisata. Pastikan kamu harus riset dulu untuk memilih agen paket wisata yang terbaik.

10. Selalu Waspada dengan Orang Baru

Jangan makan apapun pemberian orang baru. Kalau misal nih ketemu orang baru di cafe dan kamu harus pergi ke toilet, usahakan jangan makan/minum lagi makanan/minuman yang kamu tinggalkan.

11. Tips Explore Tempat Wisata

Kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut ketika kamu bepergian ke kota orang:

  • Kuliner khas
  • Spot wisata populer termasuk alun-alun, pusat kota, dll
  • Tempat wisata hidden gem, seperti tempat wisata alam, kuliner didalam pasar, dll
  • Bis wisata keliling kota
  • Pertunjukan budaya
  • Kegiatan anak muda, seperti keliling pusat kota dengan sepeda goes atau scooter, nongkrong di pinggir jalan, dll
  • Kegiatan seni, seperti tempat melukis, bikin poetry, dll
  • Tempat oleh-oleh

Kamu juga wajib untuk mengabadikan momen traveling kamu dalam bentuk foto dan video sebagai dokumentasi hidup kamu. Kamu juga bisa menyimpannya dalam bentuk video kompilasi atau dalam bentuk journal travelling.

Kesimpulan

Nah, itu tadi merupakan bahasan tentang 11 Tips Traveling Anti Ribet. Kalau artikel ini membantumu dan kamu menyukainya, kamu bisa klik suka. Kalau kamu ada pertanyaan dan punya pengalaman menarik tentang traveling, kamu bisa tulis pengalamanmu di kolom komentar. Kamu juga bisa mendapatkan informasi lengkap terkait ulasan wisata, kuliner, dan acara menarik disini!

Share:

More Posts

Restoran bebek carok tretan muslim

Review Bebek Carok Tretan Muslim

Chuaaakszz! Begitulah teriakan para fans fanatik dari duet maut Tretan Muslim dan Coki Pardede. Sejak Mr. C terlibat kasus narkoba, terlihat bahwa Tretan Muslim sedang

Kategori

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *