1. Home
  2. »
  3. Culinary
  4. »
  5. 5 Fakta Menarik Kuliner Nasi Jagal di Bayur Tangerang

5 Fakta Menarik Kuliner Nasi Jagal di Bayur Tangerang

nasi jagal

Jika kamu bukanlah orang yang bertahun – tahun menetap di daerah Tangerang dan hanya sekedar lewat, pastilah sangat asing mendengar istilah nasi jagal. Penaruhan kata “Jagal” akan memberikan kesan ngeri – ngeri sedap saat pertama kali didengar. Namun istilah “Jagal” di sini bukanlah merujuk kepada istilah yang menyeramkan, melainkan lebih kepada penamaan terhadap suatu makanan yang sudah menjadi ciri khas di daerah tangerang.

Kuliner ini sudah ada dari tahun 1995, yang mana di mulai oleh seorang perantauan dari madura yang tinggal di daerah RPH (Rumah Potong Hewan). Kemudian munculah suatu insiasi untuk membuat cita rasa kuliner yang mengkolaborasikan cita rasa bumbu kecap ala madura dengan olahan daging sapi bagian yang empuk seperti daging kepala, gajih, ataupun jeroan yang diambil dari tempat penjagalan. 

Pada awalnya makanan ini dijual hanya untuk warga sekitar dan para pekerja di area penjagalan. Namun seiring perjalanan waktu kuliner ini disukai dan menjadi populer di kalangan banyak orang, sehingga menjadi kuliner yang melegenda di Kota Tangerang.

1. Khas Tangerang tapi menggunakan resep Madura

Pada umum nasi jagal terdiri nasi putih hangat dicampur dengan potongan daging dan bumbu khas lalu ditaburi bawang goreng. Sajian ini terasa lebih nikmat apabila ditambah dengan sambal goreng yang pedas. Biasanya sambal ini dibuat dari cabai rawit yang dihaluskan bersama bawang merang lalu kemudian ditumis dan diberi minyak. Selain itu, kamu juga bisa memvariasikan nasi jagal mu dengan menambahkan emping dan kerupuk, atau telur asin, sehingga kuliner nasi jagal mu akan menjadi semakin nikmat.

Pada umumnya deretan warung ini menjual dua menu yaitu nasi putih jagal dan nasi goreng. Letak perbedaanya tidak begitu jauh yaitu hanya di nasinya saja. Nasi goreng ini tidak begitu berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, hanya saja tetap dimasak dengan daging sapi khas nasi jagal. Meskipun memiliki perbedaan varian nasi, kuliner ini tetap bisa dinikmati.

2. Pilihan warung yang bervariasi

Nasi Jagal ini tidaklah dijual oleh seseorang dengan satu warung atau restaurant. Saat kamu ke daerah penjagalan, maka kamu akan melihat deretan warung makan di pinggiran terusan Sungai Cisadane. Deretan warung ini pada umumnya menjual menu yang sama yaitu Nasi Jagal dan Nasi Goreng Jagal.

Dengan banyak nya warung makan yang menjual satu menu yang sama, kamu perlu memilih nya sesuai selera kamu, karena ada perbedaan rasa ketika kamu mengunjungi salah satu warung yang menjajakan nasi jagal.

Untukku sendiri lebih memilih makan dimana saja warung nya asalkan ada tempat duduknya hehehe.

3. Harga yang Ramah di Kantong

Selain rasanya yang enak di lidah, harga nya pun sangat ramah dompet. Untuk seukuran nasi hangat dengan campuran semur daging, para pengunjung hanya butuh mengeluarkan uang sebesar Rp 12.000 untuk satu porsi nasi jagal.

Tidak hanya nasi jagal, namun di warung ini juga menyediakan nasi goreng dengan campuran daging yang dipatok dengan harga mulai dari Rp 13.000 saja lho gengs.

Ada pengalaman pribadi dimana semasa kuliah dulu aku sering mampir untuk sekedar makan malam dan nongkrong sambil bercerita di tempat penjagalan.

Dimana lagi kamu bisa mendapatkan cita rasa daging dengan harga yang sangat ramah di dompet. Sebagai mahasiswa aku merasa sangat tertolong dengan adanya kuliner ini hahaha.

4. Buka 24 Jam

Kamu bisa mengunjungi deretan warung nasi jagal yang ada di Bayur kapanpun kamu mau. Kebanyakan warung yang ada di tempat makan ini buka 24 jam. 

Kamu bisa mengunjungi saat makan siang, makan malam, atau bahkan jika kamu mau makan saat dini hari pun bisa banget untuk mampir kesini sekedar untuk makan nasi jagal.

Dikarenakan banyak sekali para pekerja yang pulang dari shift malam dan sekedar singgah untuk beristirahat sejenak dengan sepiring nasi jagal yang hangat.

Jika akhir pekan tiba, biasanya warung nasi jagal ini akan ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai umur. Jadi jika kamu ingin mencobanya saat akhir pekan, sangat disarankan untuk datang lebih sore ya gengs.

5. Sebagai Referensi Tempat Nongkrong

Tidak jarang warung nasi jagal yang ada di Bayur ini digunakan untuk para pemuda – pemudi untuk sekedar nongkrong dan berkumpul bersama teman – teman. Dikarenakan tempatnya yang begitu banyak dan memiliki harga yang cukup terjangkau di kalangan anak muda, membuat kuliner ini sangat populer di Kota Tangerang.

Selain nasi jagal kamu pun bisa memesan berbagai macam minuman seperti kopi dan berbagai makanan snack. Tempat nya pun terbilang cukup terbuka dan sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati suasana outdoor dengan pemandangan pohon rindang di samping sungai ditemani dengan sajian nasi putih hangat yang dicampur dengan potongan daging yang lezat.

Bisa gak sih bawa mobil ke tempat nasi jagal

sangat disarankan untuk tidak membawa mobil karena tidak ada lahan parkir yang cukup luas untuk mobil.

Itulah ulasan sederhana mengenai Nasi Jagal di Bayur. Kalau kamu adalah orang luar tangerang dan ingin merasakan salah satu kuliner khas nya, tidak ada salah nya jika mampir ke salah satu warung nasi jagal di Bayur. Tidak perlu khawatir datang kemaleman atau kepagian, karena di Bayur kamu akan selalu menemukan warung yang buka 24 jam nonstop. 

Simak ulasan mengenai travel, dan kuliner di website laycation

Share:

More Posts

Restoran bebek carok tretan muslim

Review Bebek Carok Tretan Muslim

Chuaaakszz! Begitulah teriakan para fans fanatik dari duet maut Tretan Muslim dan Coki Pardede. Sejak Mr. C terlibat kasus narkoba, terlihat bahwa Tretan Muslim sedang

Kategori

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *