1. Home
  2. »
  3. Tips
  4. »
  5. Apa Bedanya Stasiun Gubeng Lama dan Baru? Baca Perbedaannya Disini!

Apa Bedanya Stasiun Gubeng Lama dan Baru? Baca Perbedaannya Disini!

Stasiun Gubeng Surabaya

Stasiun Gubeng Surabaya

Stasiun Gubeng Surabaya atau biasa disingkat SGU merupakan salah satu stasiun kereta api terbesar di Surabaya dan Jawa Timur. Stasiun Gubeng terletak di Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya.

Stasiun Gubeng terbagi menjadi Stasiun Gubeng Lama dan Gubeng Baru. Aku pada awalnya agak bingung terutama waktu minta dijemput atau pesan ojek online, karena ada 2 titik penjemputan yang populer, yaitu Gubeng Lama dan Gubeng Baru. Setelah cukup sering ke Surabaya dan bertanya-tanya ke petugas, barulah aku paham perbedaannya. Bagi kamu yang masih bingung antara kedua jenis Stasiun Gubeng ini, baca artikel ini sampai habis ya!

Stasiun Gubeng Lama

Stasiun Gubeng Lama
Source: Stasiun Gubeng Lama

Stasiun Gubeng Lama atau Pintu Barat terletak di Jalan Stasiun Gubeng dan ditandai dengan arsitektur bangunan gaya lama ala Belanda tempo dulu. Stasiun ini merupakan tempat melintasnya kereta lokal dan kereta kelas ekonomi antar kota.

Aku sebagai warga Malang biasanya akan naik dan turun dari kereta kelas ekonomi di Stasiun Gubeng Lama ketika aku berkunjung ke Kota Surabaya. Selain Malang, Stasiun Gubeng Lama juga merupakan tempat keberangkatan dan kedatangan untuk kereta kelas ekonomi tujuan ke Banyuwangi, Jakarta, Bandung, dan lain sebagainya.

Stasiun Gubeng Baru

Stasiun Gubeng Baru

Source: Stasiun Gubeng Baru (Dokumentasi Pribadi)

Stasiun Gubeng Baru atau Pintu Timur secara tampilan cukup berbeda jauh dengan Stasiun Gubeng Lama dimana bangunan Gedung Baru lebih modern, luas, dan tempat parkirnya juga memadai. Gubeng Baru ini terletak di Jalan Gubeng Masjid dan berada tepat dibelakang Stasiun Gubeng Lama. Meskipun terletak tepat dibelakang Stasiun Gubeng Lama, kamu perlu memutar cukup jauh untuk menuju stasiun ini dari Stasiun Gubeng Lama.

Stasiun Gubeng Baru merupakan perlintasan kereta api antar kota kelas eksekutif dan bisnis. Aku pernah hampir pergi ke Stasiun Gubeng Lama untuk naik kereta tujuan ke Kota Malang karena biasanya aku naik dan turun di Stasiun Gubeng Lama. Eh, waktu aku cek kembali tiketku, ternyata tiket yang aku pesan adalah Jayabaya kelas Eksekutif, jadi aku langsung pergi ke Stasiun Gubeng Baru. Kamu juga jangan sampai keliru ya!

Tips

1. Lihat jenis kereta apa yang kamu naiki, kereta api kelas ekonomi atau eksekutif dan bisnis. Kalau kereta api kelas ekonomi dan kereta lokal, berarti kamu akan masuk dan keluar di Stasiun Gubeng Lama. Kalau kereta kelas bisnis dan eksekutif, maka kamu akan masuk dan keluar di stasiun Gubeng Baru.

2. Jangan datang terlalu mepet, datanglah sekitar 1 jam sebelum keberangkatan kereta untuk antisipasi hal-hal terduga yang tidak diinginkan.

Bagi kamu yang masih bingung dan memiliki pertanyaan terkait stasiun dan jalur kereta api, kamu bisa langsung menghubungi PT. KAI lewat Twitter. Sepengalamanku, admin KAI di Twitter cukup responsif dan cepat dalam membalas pertanyaan.

Nah, itu tadi merupakan bahasan tentang Perbedaan Stasiun Gubeng Lama dan Baru. Kalau artikel ini membantumu dan kamu menyukainya, kamu bisa klik suka. Kalau kamu ada pertanyaan dan punya pengalaman menarik di Stasiun Gubeng ini, kamu bisa tulis pengalamanmu di kolom komentar. Kamu juga bisa mendapatkan Informasi lengkap terkait ulasan wisata, kuliner, dan acara menarik disini!

FAQ

1. Apa bedanya Stasiun Gubeng Lama dan Baru?

Stasiun Gubeng Lama merupakan perlintasan kereta api lokal dan antar kota kelas ekonomi. Sedangkan Stasiun Gubeng Baru merupakan perlintasan kereta api antar kota kelas bisnis dan eksekutif.

2. Apakah Stasiun Gubeng ada 2?

Stasiun Gubeng terbagi menjadi 2, yaitu Gubeng Lama dan Gubeng Baru. Stasiun Gubeng Lama merupakan perlintasan kereta api lokal dan antar kota kelas ekonomi. Sedangkan Stasiun Gubeng Baru merupakan perlintasan kereta api antar kota kelas bisnis dan eksekutif.

3. Stasiun Gubeng Lama dimana?

Stasiun Gubeng Lama terletak di Jalan Stasiun Gubeng, Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya. Stasiun Gubeng Lama ditandai dengan gaya bangunan lama ala Belanda.

Share:

More Posts

Restoran bebek carok tretan muslim

Review Bebek Carok Tretan Muslim

Chuaaakszz! Begitulah teriakan para fans fanatik dari duet maut Tretan Muslim dan Coki Pardede. Sejak Mr. C terlibat kasus narkoba, terlihat bahwa Tretan Muslim sedang

Kategori

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *