1. Home
  2. »
  3. Tips
  4. »
  5. 7 Tips Hiking Pemula Untuk Kamu Yang Mau Naik Gunung Pertama Kali!

7 Tips Hiking Pemula Untuk Kamu Yang Mau Naik Gunung Pertama Kali!

Solo Hiking

Kamu lagi tertarik banget nih sama Hiking? Eitss, Simak dulu nih tipsnya agar perjalananmu lancar dan aman.

Bagi beberapa orang naik gunung  itu bukan satu hal yang mudah loh gengss, terutama bagi pemula yang ingin mencoba mendaki gunung itu pasti perlu persiapan yang matang. Nah kali ini aku akan kasih beberapa tips dan hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum naik gunung. Yuk langsung simak aja tipsnya!

1 Buat Perencanaan Trekking yang Jelas

Mendaki bukan suatu hal yang mudah untuk dijalankan, jadi pastikan kamu benar benar membuat perencanaan trekking yang jelas dengan mempelajari rute menanjaknya, serta apa saja rintangan yang akan dihadapi agar ketika kamu mendaki kamu sudah tau perjalanannya.

Perlu diingat bahwa setiap gunung tentunya mempunyai jenis trekking yang berbeda beda.

2. Cari Informasi dan Pahami Lokasi Pendakian

Penting untuk mengetahui trekking seperti apa yang akan kamu jalani nantinya ketika mendaki. Sebelum mendaki, ada baiknya kamu mencari informasi tentang gunung tersebut  dan memahami lokasi pendakiannya agar kamu punya gambaran tentang gunung tersebut.

Kamu bisa mencari informasi lewat media sosial serta artikel artikel yang memuat informasi tentang gunung yang akan kamu jadikan pilihan untuk mendaki.

3. Mulai Dari Gunung Ketinggian Rendah

Bagi kamu yang pertama kali ingin naik gunung disarankan untuk memulai dari gunung yang ketinggiannya rendah. Hal ini agar kamu dapat menyesuaikan diri dengan keadaan fisik dan menyesuaikan diri dengan suhu rendah.

4. Mulai Latihan Fisik Untuk Persiapan Hiking

Latihan fisik sangat penting dilakukan agar fisik kamu tidak kaget sangat menghadapi perjalanan yang sangat menguras tenaga. Minimal seminggu sebelum mendaki kamu mesti berolahraga dengan rutin.

Contoh Latihan fisik ini dapat dilakukan dengan jogging, berjalan kaki, skipping, dan berenang untuk melatih pernapasan.

5. Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan menjadi salah satu hal yang paling penting dilakukan sebelum mendaki. Karna kamu nantinya akan melewati perjalanan yang cukup panjang dan membutuhkan stamina yang cukup. Jika sedang tidak cukup sehat untuk melakukan pendakian, ada baiknya kamu menunda pendakian sampai merasa benar benar fit daripada drop saat diperjalanan dan hal tersebut akan memperhambat pendakian.

Ada baiknya jika kamu mempunyai penyakit pernafasan, jangan coba coba untuk mendaki gunung.

6. Persiapkan Peralatan Hiking

Persiapan yang harus dibawa saat mendaki cukup banyak, tetapi ini sangat perlu diperhatikan agar tidak ada yang terlewat:

  • Tas Carrier
  • Jaket tebal
  • Kaus kaki
  • Sleeping bag
  • Treking pol
  • Tenda
  • Sepatu gunung
  • Jas hujan
  • Pakaian ganti
  • Senter
  • Kotak P3K
  • Cadangan makanan
  • Air mineral
  • Serta barang bawaan pribadi

7. Ajak Teman yang Sudah Berpengalaman

Bagi pendaki pemula wajib ajak teman yang sudah berpengalaman. Hal ini perlu dilakukan agar kamu tidak tersesat dan selama perjalanan kamu bisa mempelajari bagaimana cara mendaki yang aman dari teman tersebut.

Gunung Apa Saja Yang Cocok Untuk Pemula?

Source: Canva

Seperti yang sudah kamu ketahui, untuk mencoba naik gunung harus di awali dari gunung yang ketinggiannya rendah, berikut ada beberapa rekomendasi gunung yang cocok untuk pemula:

1. Gunung Ngalenggeran

Gunung yang satu ini berlokasi di Yogyakarta dengan ketinggian hanya 700 MDPL yang tidak terlalu tinggi, hanya dengan memakan waktu sekitar 1 jam kamu sudah bisa berada di puncak Gunung Ngalenggaran.

2. Gunung Papandayan

Gunung dengan ketinggian 2665 MDPL yang terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut ini bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang baru pertama kali naik gunung. Dengan disuguhi pemandangan bunga edelweiss sepanjang jalan akan membuat pendakian kamu terasa menyenangkan dan terasa cepat.

3. Gunung Gede

Gunung Gede bisa kamu jadikan opsi kedua untuk mendaki karna jarak tempuh yang relatif singkat. Sama seperti Gunung Papandayan, Gunung Gede juga memiliki hamparan bunga edelweiss yang sangat memanjakan mata dan bisa menjadikan pengalaman mendaki pertama kamu menjadi luar biasa.

4. Gunung Bromo

Gunung yang lumayan poppuler ini bisa juga loh kamu jadikan pilihan mendaki, dengan pemandangan yang indah serta jalur trekking yang tidak terlalu sulit ini sangat cocok untuk kamu yang pemula. Bukan hanya mendaki saja, di Bromo juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya seperti berkuda dan ke Bukit Teletubbies.

Hal Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Hiking?

Source: Canva

Apa saja sih yang harus kamu perhatikan saat hikking? Yuk simak berikut!

  1. Kondisi Fisik Diri Sendiri

    Sangat perlu diperhatikan agar kamu tidak menjadi hambatan untuk diri sendiri dan team.
  2. Team

    Mendaki tentu saja lebih baik jika bersama team, kamu juga perlu nih memperhatikan team kamu seperti apa.
  3. Cuaca

    Cuaca yang ekstrem sangat menghambat perjalanan kamu karna akan Membuat jalur yang tentunya basah dan berlumpur. Ada baiknya sebelum kalian mendaki, cek cuaca terlebih dahulu lewat aplikasi perkiraan cuaca.
  4. Peralatan dan Perlengkapan

    Sebelum kamu pergi, pastikan peralatan dan perlengkapan kamu tidak ada yang kurang ataupun tertinggal ya gengs.

Itulah dia beberapa tips hiking untuk pemula yang perlu diketahui sebelum kamu memulai perjalananmu. Simak artikel menarik lainya hanya di Laycation

Writer: Viona Angelina

Share:

More Posts

Restoran bebek carok tretan muslim

Review Bebek Carok Tretan Muslim

Chuaaakszz! Begitulah teriakan para fans fanatik dari duet maut Tretan Muslim dan Coki Pardede. Sejak Mr. C terlibat kasus narkoba, terlihat bahwa Tretan Muslim sedang

Kategori

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *