1. Home
  2. »
  3. Destination
  4. »
  5. 7 Informasi Menarik – Pengalaman Berwisata ke Pantai Sendiki!

7 Informasi Menarik – Pengalaman Berwisata ke Pantai Sendiki!

Pemandangan Indah Pantai Sendiki

Malang merupakan salah satu kota wisata yang terkenal di Jawa Timur. Malang dikenal sebagai kota yang dingin dengan berbagai destinasi wisata, baik dataran tinggi ataupun pantainya. Kali ini aku akan membahas tentang pengalamanku traveling ke Pantai Sendiki yang baru saja aku lakukan pada di Bulan Juni lalu.

Pada awalnya, aku dan temanku mengalami kegalauan jika traveling ke pantai. Mengingat jarak tempuhnya yang terbilang cukup jauh, yaitu sekitar 4-5 jam sekali jalan dari Surabaya-Malang (tiba di destinasi pantainya). Bisa dibayangkan bukan, kalau PP total perjalanan yang harus ditempuh 8-10 jam dengan kondisi kami dalam segi keuangan dan waktu yang tidak memungkinkan untuk menginap. Hingga akhirnya kami menemukan cara yang efektif dan efisien (berwisata dengan hemat (waktu, tenaga, dan budget).

Lokasi dan Rute Pantai Sendiki

Di manakah Pantai Sendiki?

Pantai Sendiki berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Dikarenakan aku bukan orang Malang dan tidak paham daerah Malang, maka untuk detil lokasi dan rute bisa kamu akses via gmaps dengan klik link ini. Sekedar informasi untuk kamu, sekitar 1 jam perjalanan mendekati pantai, jalannya merupakan jalan aspal, area perkampungan, dan dikelilingi tebing. Semakin dekat dengan pantai, tantangan jalan yang harus kamu takhlukkan semakin terjal, karena jalannya penuh dengan bebatuan dan tanah, rutenya naik turun dan berkelok, sehingga kamu harus berhati-hati dalam berkendara. Sebaiknya jangan melakukan perjalanan di malam hari karena penerangannya yang masih terbatas.

Saat tiba di area parkir, kamu masih harus berjalan kaki sekitar 300 meter dengan kondisi jalan yang naik dan turunnya cukup curam sehingga pastikan kamu bersemangat dan dalam kondisi fit, dan jangan lupa membawa air minum, sebab warung hanya tersedia di dekat area parkir.

Alternatif Kendaraan ke Pantai Sendiki

Untuk alternatif kendaraanya, aku dan temanku naik kereta api di Stasiun Sidoarjo dan turun di Stasiun Malang Kota Baru. Setibanya di sana, kami jalan kaki sekitar 150 meter ke tempat penyewaan motor dan aku sudah menghubungi admin H-7 hari sebelum berangkat. Untuk jenis motor dan tarifnya bervariasi, antara lain :

  • Honda Beat (biasa) Rp 60.000,-
  • Honda Beat Eco/Street Rp 70.000,-
  • Honda Scoopy Rp 75.000,-
  • Hinda Vario `125cc Rp 80.000,-

Tarif ini tidak termasuk bensin ya gengs. Syaratnya hanya dengan menitipkan KTP serta pembayaran dilakukan di awal.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Untuk jam buka Pantai Sendiki sendiri adalah 7 hari 24 jam. Sehingga kamu bisa datang kapan pun kamu mau. Sedangkan untuk tiket masuknya sebagai berikut :

  • tiket masuk Rp 5.000,-/orang
  • parkir motor Rp 10.000/motor.

Fasilitas Menarik di Pantai Sendiki

Fasilitas yang memudahkan, menenangkan, dan menyenangkan di Pantai Sendiki, antara lain :

  • tempat parkir
  • kamar mandi yang bersih dengan tarif Rp.2000,- sampai dengan Rp 5.000,-
  • musholla
  • warung yang menjual berbagai macam snack, makanan, dan minuman
  • ayunan kayu
  • gazebo dan tempat duduk
  • area camping

Berbagai Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Sendiki

Ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan di Pantai Sendiki, seperti berfoto, bermain air/pasir, menenangkan diri dan menikmati keindahan alamnya, berkemah, bermain ayunan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, jangan nekat bermain air terlalu jauh mengingat ombaknya cukup besar, saat aku ke sana, tingginya sekitar >1 meter. Jika kamu memiliki hemmock, kamu juga bisa membawanya untuk digunakan bersantai saat di pantai. Atau jika kamu merupakan orang yang aktif di sosial media, kamu bisa membuat banyak konten menarik di sana.

Cerita Singkat Perjalanan dari Surabaya ke Pantai Sendiki

Kami memesan tiket kereta api via traveloka H-4 hari untuk tiket berangkat dengan biaya Rp 22.000/orang, bernagkat dari Stasiun Sidoarjo pukul 04.45. Tiba di Stasiun Malang Kota Baru sekitar pukul 07.00 dan istirahat sebentar. Lalu memesan tiket kereta untuk pulang via aplikasi KAI, kemudian menuju ke tempat penyewaan motor. Sebelum melakukan perjalanan terlalu jauh, kami mengisi bensin terlebih dulu di pom supaya perjalnaan menjadi tenang. Di tengah perjalanan, kami memutuskan untuk mampir makan bakso di Warung Cak Kis. Rasanya enak dan harganya murah. Tidak sampai Rp 15.000,-/porsi, sudah termasuk minum. Setelah itu. kami melanjutkan perjalanan dan tiba di Pantai Sendiki sekitar pukul 10.30.

Semakin dekat dengan pantai, kami melewati area persawahan dengan kondisi jalan yang becek dan berbatu yang membuat kaki dan sepatu menjadi kotor. Setibanya di sana, kami melakukan berbagai aktivitas seperti berfoto, bermain air, menikmati pemandangan alam, bermain ayunan, dan mendengarkan musik. Sekitar setengah 4 sore, kami memutuskan untuk pulang karena harus mampir makan dulu dan khawatir ketinggalan kereta.

Dikarenakan penerangan yang terbatas, kami tidak bisa mengemudi dengan kecepatan tinggi dan tiba di stasiun sekitar pikul 7 lewat. Kemudian tiba di Stasiun Sidoarjo pukul 22.05

Tips dan Trik Wisata ke Pantai Sendiki

1. Membawa peralatan elektronik

Peralatan elektronik yang wajib kamu bawa, antara lain :

  • charger dan power bank
  • headset
  • tongsis/mini tripod

2. Membawa uang cash dan uang kecil

Dikarenakan area pedesaan, ada baiknya kamu menyiapkan uang cash dengan nominal pecahan kecil seperti Rp1.000 – Rp20.000,- untuk memudahkan transasksimu selama berwisata.

3. Membawa baju ganti

Saat di pantai, kamu tentu akan bermain air dan melakukan berbagai hal. Untuk membuatmu tetap fresh dan segar selama berwisata, kamu bisa mandi dan berganti baju selepas melakukan aktivitas di pantai (sebelum pulang). Bagi kamu yang merupakan perempuan muslim, aku sarankan untuk membawa mukena.

4. Membawa dan menggunakan skincare

Dimanapun kita berada, menjaga kesehatan kulit tetap harus dilakukan, terlebih sat melakukan aktivitas di luar ruangan, apa lagi di pantai. Jangan lupa menggunakan sunscreen/sunblock dan membawa sabun muka.

5. Membawa obat-obatan

Akan sangat baik jika kamu membawa obat-obatan seperti obat masuk angin, obat diare, minyak kayu putih, minyak tawon, dan minyak cap pida, obat merah, dan plaster luka untuk menemani perjalananmu. Sehingga kita bisa mengantisispasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika kamu merasa senang dan terbantu dengan informasi di artikel ini, boleh banget untuk share dan komen ya gengs. Selain itu, kamu juga bsia mengakses berbagai informasi menarik tentang traveling di link ini.

Share:

More Posts

Restoran bebek carok tretan muslim

Review Bebek Carok Tretan Muslim

Chuaaakszz! Begitulah teriakan para fans fanatik dari duet maut Tretan Muslim dan Coki Pardede. Sejak Mr. C terlibat kasus narkoba, terlihat bahwa Tretan Muslim sedang

Kategori

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *