1. Home
  2. »
  3. Destination
  4. »
  5. 7 Informasi Penting Sawah Terasering Tegalalang Ubud!

7 Informasi Penting Sawah Terasering Tegalalang Ubud!

Sawah Terasering Tegalalang Ubud

Bagi kamu yang sedang berlibur ke Ubud, kamu wajib banget melipir dan singgah ke Sawah Terasering Tegalalang Ubud atau Tegalalang Rice Terrace. Pemandangan sawah bertingkat dengan lekukan petak-petak sawah dan dikelilingi oleh pohon kelapa dan palem akan mampu memanjakan mata kamu. Simak 7 informasi penting dibawah ini jika kamu berkunjung ke Terasering Tegalalang!

Sawah Terasering Tegalalang Ubud yang Mempesona

1. Alamat Lengkap Sawah Terasering Tegalalang Ubud

Terasering Tegalalang ini terletak di Dusun Ceking, Desa Tegalalang yang berada di bagian utara Ubud, Kabupaten Gianyar. Lokasi ini juga biasa disebut dengan Ceking Rice Terrace dan berada di 600 mdpl, sehingga area sawah ini bersuhu hangat. Sebenarnya pemandangan sawah ini bisa kamu nikmati dari jalan utama Ubud-Kintamani. Tapi akan lebih menyenangkan jika kamu langsung pergi ke tempat wisata ini agar bisa merasakan udara khas area persawahan disini.

2. Jarak dan Waktu Tempuh ke Sawah Terasering Tegalalang Ubud

1. Dari Arah Luar Ubud

Kalau kamu dari arah pusat Ubud, maka kamu membutuhkan waktu sekitar 25 menit dengan jarak tempuh 9 km. Ada 2 rute yang kamu bisa pilih, yaitu melalui Jalan Sri Wedari atau Jalan Andong lurus ke utara (sebelah utara Patung Arjuna Peliatan).

2. Dari Arah Luar Ubud

Kalau kamu dari arah luar Ubud, maka perkiraan jarak dan waktu tempuh dari beberapa pusat wisata di Bali adalah sebagai berikut:

– 45 km dengan waktu tempuh 2 jam dari Pantai Kuta

– 32 km dengan waktu tempuh 1 jam dari Denpasar

– 46 km dengan waktu tempuh 1 setengah jam dari Bandara Ngurah Rai, Kuta, dan Seminyak

– 50 km dengan waktu tempuh 2 jam dari Jimbaran, Pecatu

Perkiraan waktu diatas bergantung pada kepadatan lalu lintas dan kecepatan dalam berkendara. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa gunakan google maps untuk pergi menuju ke Sawah Terasering Tegalalang Ubud.

3. Harga Tiket Masuk

Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang untuk menikmati keindahan Terasering Tegalalang ini.

4. Jam Operasional

Terasering Tegalalang ini buka 24 jam karena kamu bisa pergi kesana kapan saja, kecuali saat Hari Raya Nyepi.

5. Daya Tarik Sawah Terasering Tegalalang

Sawah Terasering Tegalalang Ubud

Source: Sawah Terasering Tegalalang Ubud

Kamu tentunya bisa bersantai di tempat wisata ini sambil menikmati keindahan alamnya. Kamu juga bisa turun dan berjalan ke area pematang sawah dan tidak perlu khawatir terjatuh karena ada bebatuan warna putih yang sengaja disusun untuk membantu kamu melangkah. Beberapa aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan disini, yaitu:

1. Bersantai di Kafe dan Restoran di Sepanjang Lokasi Persawahan

Ada banyak kafe dan restoran yang menghadap ke area persawahan ini, sehingga memberikan kesan asri yang dipadukan dengan suasana adat Bali yang kental. Restoran dan kafe disini menawarkan berbagai macam makanan lokal dan western dengan harga rata-rata mulai Rp 25.000. Beberapa kafe dan restoran ini buka dari jam 08.00 sampai 18.00.

2. Ubud Swing

Buat kamu yang ingin merasakan aktivitas lain disini, kamu bisa mencoba Bali Swing di area sawah berundak Tegalalang sambil berfoto cantik. Ayunan ini bergantung sekitar 15 meter di atas pohon dan menjadi tempat wisata hits karena tempatnya yang instagrammable. Salah satu penyedia aktivitas Bali Swing disini adalah Aloha Ubud Swing yang sudah tersertifikasi CHSE. Harganya mulai Rp 50.000 saja. Aloha Ubud Swing ini juga memiliki banyak positif review dari wisatawan baik dari dalam dan luar negeri. Jam operasional Bali Swing ini mulai dari jam 08.00 sampai 17.00.

3. Toko Oleh Oleh

Kamu bisa berbelanja pernak-pernik lucu khas Bali di toko oleh oleh yang letaknya dekat dengan area parkiran. Kamu bisa menemukan berbagai macam produk kerajinan tangan, seperti patung dan aksesoris unik disini. Harga yang ditawarkan bervariasi, rata-rata mulai dari Rp 10.000.

6. Spot Wisata Menarik di Dekat Tegalalang

Lokasi Terasering Tegalalang ini lumayan strategis karena dekat dengan beberapa tempat wisata terkenal lainnya, seperti:

1. Goa Gajah

Berjarak 13 km dengan waktu tempuh 30 menit dari Terasering Tegalalang

Goa Gajah adalah goa buatan dari masa purbakala yang berfungsi sebagai tempat ibadah. Goa ini terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar.

Baca selengkapnya disini

2. Istana Kerajaan Ubud

Berjarak 10 km dengan waktu tempuh 25 menit dari Terasering Tegalalang

Istana Ubud yang secara resmi bernama Puri Saren Agung merupakan kompleks bangunan bersejarah yang terletak di Ubud, Kabupaten Gianyar. Istana ini adalah tempat tinggal resmi keluarga kerajaan Ubud.

3. Pasar Seni Ubud

Berjarak 10 km dengan waktu tempuh 25 menit dari Terasering Tegalalang

Pasar Seni Ubud merupakan pasar tradisional yang menawarkan berbagai produk kesenian khas Bali yang berkualitas. Pasar seni ini berada di Jl. Raya Ubud No.35, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar.

Baca selengkapnya disini

4. Pura Tirta Empul Tampak Siring

Berjarak 7 km dengan waktu tempuh 17 menit dari Terasering Tegalalang

Pura Tirta Empul adalah pura Hindu yang berlokasi di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Pura ini terkenal dengan air sucinya di mana orang Hindu Bali mencari penyucian.

Baca selengkapnya disini

5. Pura Taman Saraswati Ubud

Berjarak 10 km dengan waktu tempuh 25 menit dari Terasering Tegalalang

Pura Taman Saraswati secara resmi bernama Pura Taman Kemuda Saraswati dan dikenal sebagai Istana Air Ubud. Pura ini terletak di Jl. Kajeng, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar dan didedikasikan untuk Dewi Sarasvati.

Baca selengkapnya disini

6. Gunung Batur Kintamani

Berjarak 32 km dengan waktu tempuh 1 jam dari Terasering Tegalalang

Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Sisi tenggara dari kaldera yang berukuran 10×13 km ini memiliki danau kaldera yang indah.

7. Tips & Trik Penting

1. Tips Menikmati Terasering Tegalalang dengan Paket Wisata

Bagi kamu yang berlibur ke Ubud menggunakan jasa agen paket wisata, kamu bisa memesan paket wisata Tegalalang yang sudah include dengan biaya transportasi, makan, dan tiket masuk agar lebih murah. Lokasi Tegalalang ini berdekatan dengan spot wisata terkenal seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jadi sangat disayangkan kalau kamu melewati tempat wisata ini.

2. Tips Berkendara Seru ke Sawah Terasering

Jika kamu berlibur tanpa menyewa jasa agen paket wisata, kamu bisa menyewa mobil yang sudah lengkap dengan sopir lokal agar kamu tidak capek sepanjang perjalanan. Selain itu, sopir lokal juga lebih mengerti tentang rute tercepat menuju lokasi wisata yang kamu inginkan dan kamu juga bisa meminta rekomendasi terkait tempat wisata dan tempat makan disana. Biaya rata-rata sewa mobil dengan sopir dan bahan bakar sekitar Rp 500.000 dengan klasifikasi mobil 6 tempat duduk, seperti mobil Toyota Avanza dan Suzuki APV.

Kalau kamu ingin menikmati pengalaman lebih menyenangkan, kamu bisa pilih untuk mengendari motor karena kamu bisa menikmati angin sepoi-sepoi sepanjang perjalanan. Kamu bisa menyewa motor sekitar Rp 75.000/hari.  

3. Trik Bermain Bali Swing

Bagi kamu perempuan yang ingin mendapatkan foto cantik di Bali Swing, kamu bisa menggunakan dress yang ekornya melambai agar bisa menambah kecantikan fotomu.

4. Tips Waktu Terbaik Mengunjungi Sawah Terasering Tegalalang

Kamu bisa memilih saat weekday agar terhindar dari ramainya pengunjung. Selain itu, kalau kamu ingin melihat sawah yang sedang hijau, kamu bisa menghindari waktu panen yang biasanya ada di Bulan Maret, Juli, dan Desember. Tapi kamu tidak perlu khawatir, petani disini biasanya tidak memanen semua padinya secara serempak dan pemandangan alam disini akan selalu mengagumkan apapun musimnya.

Waktu yang terbaik untuk pergi kesini adalah di waktu subuh menuju pagi hari untuk bisa menikmati udara yang lebih segar dan hangatnya sinar mentari. Kamu juga bisa datang saat sore hari ketika suhu mulai turun dan bisa menikmati sunset yang indah. Hindari datang pada siang hari karena biasanya akan banyak pengunjung.

Kesimpulan

Sawah Terasering Tegalalang Ubud ini merupakan seni agrikultur yang indah yang kental dengan nuansa pedesaan dan adat bali. Terasering Tegalalang ini mendapatkan predikat World Heritage dari UNESCO karena sistem irigasi bertingkat “subak” yang dimilikinya. Tempat wisata ini juga menyediakan pilihan liburan yang low budget karena harga tiket masuk yang terjangkau dengan suguhan tempat wisata alam yang indah.

Nah, itu tadi merupakan bahasan tentang 7 Informasi Penting Sawah Terasering Tegalalang Ubud. Kalau artikel ini membantumu dan kamu menyukainya, kamu bisa klik suka. Kalau kamu ada pertanyaan atau punya pengalaman menarik di tempat wisata ini, kamu bisa langsung tulis di kolom komentar. Kamu juga bisa mendapatkan Informasi lengkap terkait ulasan wisata, kuliner, dan acara menarik disini!

FAQ

1. Apakah akses jalan ke Terasering Tegalalang Ubud ini mudah dilalui?

Iya, jalan ke Terasering Tegalalang ini mudah untuk dilalui menggunakan mobil atau sepeda motor tapi memang jalannya tidak terlalu lebar.

2. Apakah boleh menerbangkan drone diatas lokasi Terasering Tegalalang?

Iya, kamu boleh dan bebas untuk menggunakan drone di area Terasering Tegalalang tanpa dipungut biaya. Tapi, kamu perlu hati-hati karena banyak pepohonan.

3. Apakah ada tempat parkir di Terasering Tegalalang?

Iya, ada area parkir yang tidak terlalu luas dengan biaya parkir kendaraan sekitar Rp 5.000 . Tapi, sebenarnya kebanyakan orang akan memarkirkan kendarannya di bahu jalan.

4. Apakah ada penginapan di sekitar lokasi Terasering Tegalalang?

Ada banyak penginapan di sekitar area Terasering Tegalalang ini yang jaraknya kurang lebih 600 m sampai 1 km. Harganya juga cukup terjangkau antara Rp 100.000 sampai Rp 150.000. Kamu bisa memilih untuk menginap di homestay, guesthouse, pondok, atau cottage.

Share:

More Posts

Restoran bebek carok tretan muslim

Review Bebek Carok Tretan Muslim

Chuaaakszz! Begitulah teriakan para fans fanatik dari duet maut Tretan Muslim dan Coki Pardede. Sejak Mr. C terlibat kasus narkoba, terlihat bahwa Tretan Muslim sedang

Kategori

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *