1. Home
  2. »
  3. Destination
  4. »
  5. Pura Taman Saraswati: Pesona Khas Kolam Teratai Yang Eksotis

Pura Taman Saraswati: Pesona Khas Kolam Teratai Yang Eksotis

pura saraswati

Banyaknya tempat wisata di bali terutama di Ubud memiliki “magnet” tersendiri bagi para wisatawan yang memiliki niat untuk mengunjungi salah satu destinasi paling populer bagkan di dunia. Ubud sendiri memiliki ciri khas yang mana sangat kental dengan nilai budaya dan religinya, dengan keunikan yang dimilikinya membuat para wisatawan domestik maupun mancanegara terpesona akan keindahannya. Salah satu destinasi terfavorit di Ubud Bali yang wajib kalian kunjungi ialah Pura Taman Saraswati.

Seperti yang kamu ketahui Pura Taman Saraswati di Ubud merupaan tempat suci agama Hindu di Bali, Pura cantik ini yang lebih dikenal dengan sebutan Pura Kolam Bunga Teratai ini, menjadi tempat yang menarik para wisatawan karena di sini adalah tempat untuk menikmati pertunjukan tarian khas bali yaitu Tari Kecak.

Sejarah Pura Taman Saraswati

Keindahan dari Pura Taman Saraswati di Bali ini dibangun untuk pemujaan Dewi Saraswati yang merupakan Dewi ilmu pengetahuan. Pembangunanya dimulai pada tahun 1951 dan selesai tahun 1952. Pura ini merupakan hasil rancangan I Gusti Nyoman Lempad yang mana beliau adalah pelukis, pematung dan arsitek yang kemudian menjadi sang maestro di Bali. Beliau sendiri membangun Pura Saraswati atas perintah sang Pangerang Ubud Cokorde Gede Agung Sukowati yaitu Ayah dari I Gusti Nyoman Lempad.

Berdirinya Pura Taman Saraswati ini menjadi bukti bahwa kehidupan yang diakukan masyarakat Hindu di Pulau Bali memiliki keseharian yang kental akan budaya dan agamis. Di Pura ini pun merupakan tempat dimana masyarakat Bali yang beragaman Hindu melakukan persembahyangan terhadap Hyang Aji (Dewi) Saraswati sebagai penguasa ilmu pengetahuan pada saat hari Saraswati tiba dengan mengucapkan rasa syukur dan terima kasih agar senantiasa dituntun ke arah yang benar.

Dengan adanya kegiatan persembahyangan di tempat ini, pengunjung yang tidak memiliki kepentingan untuk melakukan peribadatan dilarang untuk memasuki area Pura Saraswati.

Daya Tarik Keindahan Kolam Teratai

Pura ini memiliki pelataran yang dikelilingi oleh kolam besar bunga teratai merah muda dan taman air yang tertata rapi. Kolam teratai inilah yang menjadi daya tarik candi Saraswati. Hal ini merupakan suatu alasan mengapa pura ini juga dikenal dengan sebutan Pura Kolam Bunga Teratai. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan dari pohon kamboja yang menghiasi tepi kolam dan terdapat pula jembatan yang menghubungkan area luar pura dengan area gerbang utama pura. Tepat ketika setelah menyeberangi jembatan maka para pengunjung akan melihat banyak patung yang berjejeran di pinggir jembatan.

Menikmati Tarian Bali

Pelataran yang ada di candi Saraswati ini biasanya digunakan sebagai panggung untuk pertunjukan Tarian khas Bali yaitu Tari Kecak. Tari Kecak sendiri merupakan pertunjukan taruan seni khas Bali yang dimainkan oleh puluhan penari laki-laki yang duduk berbaris dengan pola melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan “cak, cak, cak” serta mengangkat kedua tangan. Tarian ini merupakan ritual yang diselenggarakan sebagai tradisi menolak bala yang diselipkan kisah ramayana di dalamnya. Pertunjukan Tari Kecak di Pura Saraswati Ubud di jadwalkan pada hari Selasa dan Kamis yang dimulai pada pukul 19.30 WITA.

Fasilitas

Di Pura Taman Saraswati memiliki berbagai fasilitas diantaranya

  • Area Parkir Kendaraan
  • Rumah Makan
  • Kamar Mandi
  • Tempat Istirahat
  • Penginapan
  • dan Masih banyak lagi

Aktifitas

Selama kalian berada di kawasan Pura Taman Saraswati, kalian akan melihat berbagai macam arsitektur yang khas dengan relief, ukur dan berbagai seni artistiknya yang mana ini merupakan daya tarik utama di tempat ini.

Jika kalian merupakan seseorang yang sangat sosial media sekali, kalian akan dengan mudah menemukan spot foto yang menarik dan instagramable di Pura Taman Saraswati. Kesempatan untuk mengabadikan gambar dengan latar arsitektur klasik dipadukan dengan kolam bunga teratai nan indah sekaligus mempesona tentunya akan menjadikan hasil gambar yang indah.

Rute Menuju Pura Saraswati

Jika kalian dari Bandara Ngurah Rai Bali, kamu akan menempuh jarak sekitar 37.5KM untuk bisa sampai ke Pura Saraswati dengan estimasi waktu 1.5 jam.

Jika kamu dari Kota Denpasar kamu akan menempun jarak sekitar 23.9KM dengan estimasi waktu tempuh sekitar 1 jam.

Apabila kamu dari Kuta kamu akan menempuh jarak sekitar 38.2KM untuk bisa sampai ke Pura Saraswati dengan estimasi sekitar 1,5 jam.

Untuk alamat lengkapnya, Pura Saraswati berada di Jl. Kajeng, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Tips and Trick

Jika anda dan keluarga berencana untuk melakukan liburan ke tempat wisata di Pura Saraswati ada baiknya kalau anda menyimak tips dan trick di bawah ini.

1. Peraturan di Pura Saraswati

Adapun peraturan yang wajib kamu taati adalah jangan membuang sampah sembarangan, tidak boleh memanjat tempat ibadah, dan dilarang keras untuk mengucapkan kata-kata kasar.

Setiap pengunjung yang akan memasuki kawasan Pura Saraswati, Wajib mengenakan selempang dan sarung yang yang diikatkan pada pinggang. Larangan bagi wanita yang sedang menstruasi, tidak diperbolehkan memasuki area pura.

2. Perlengkapan Entertainment

Melewatkan moment saat berwisata ke tempat yang unik akan sangat disayangkan. Persiapkan segala keperluan seperti Kamera, Powerbank, dan tentunya pastikan semua dalam keadaan full charge.

3. Akomodasi

Untuk para wisatawan yang tidak menginap di wilayah Ubud. Para Pengunjung dapat mengunjungi lokasi menggunakan motor atau mobil. Karena di Ubud sendiri hanya memiliki transportasi terbatas seperti taxi saja.

Di sini jarang tersedia parkiran mobil, sehingga hampir sebagian besar orang parkir di pinggir jalan raya dan sangat sering penuh. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan jasa rent car beserta supirnya agar tidak repot memikirkan mencari lahan parkir dan tidak menghabiskan banyak waktu saat melakukan perjalanan wisata.

4. Biaya

Setiap pengunjung yang memasuki kawasan Pura Saraswati tidak akan dipungut biaya alias gratis. Namun para wisatawan akan dikenakan biaya ketika ingin menyaksikan pertunjukan Tari Kecak. Anda perlu mengeluarkan uang sebesar RP.80.000/orang untuk bisa menikmati pertunjukan Tari Kecak. Perlu diperhatikan bahwa harga tiket ini bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola pura.

FAQ

tiket masuk Pura Taman Saraswati butuh biaya berapa?

Setiap pengujung Pura Saraswati tidak akan dipungut biaya alias gratis, namun untuk menonton pertunjukan Tari Kecak pengunjung perlu mengeluarkan uang sebesar RP. 80.000/orang

Kapan Taman Pura Saraswati buka?

Setiap Hari jam 08.00 – 06.00

Kapan pertunjukan Tari Kecak?

Selasa dan Kamis Jam 19.30 WITA

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Wisata Pura Taman Saraswati di Ubud Gianyar Bali. Tentunya masih banyak lagi wisata-wisata yang menarik yang dapat Anda kunjungi. Baca juga referensi wisata yang tersedia di Laycation.

Share:

More Posts

Restoran bebek carok tretan muslim

Review Bebek Carok Tretan Muslim

Chuaaakszz! Begitulah teriakan para fans fanatik dari duet maut Tretan Muslim dan Coki Pardede. Sejak Mr. C terlibat kasus narkoba, terlihat bahwa Tretan Muslim sedang

Kategori

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *