1. Home
  2. »
  3. Culinary
  4. »
  5. Bikin Ngiler! Intip Rahasia Resep Pempek Kapal Selam

Bikin Ngiler! Intip Rahasia Resep Pempek Kapal Selam

Pempek Kapal Selam

Ketika kamu membaca judul ini, perutmu pasti langsung bergemuruh, atau bahkan lidah mu pun sudah tak sabar ingin mencicipinya. Yup, itu adalah pempek dan emang susah untuk tidak dinikmati. Pempek merupakan salah satu kuliner khas Palembang yang paling populer. Salah satu jenis yang banyak digemari oleh wisatawan yaitu pempek kapal selam yang sangat identik dengan cita rasa dan kelezatannya.

Dengan aroma dan tekstur lembut, juga dilengkapi dengan kuah hitam dengan rasa pedas manis, siapa sangka jika keunikan dan kelezatannya itu telah tercatat sebagai makanan terenak di dunia.

Makanan favorit keluarga yang paling sempurna dipadukan dengan isian kuning telur yang lezat saat memotongnya.

Pempek Kapal Selam

Pempek Kapal Selam

Pempek kapal selam memiliki ciri khas yang biasanya dinikmati dengan cuko hitam atau kuah pempek yang terendam. Dengan ditaburi timun dan ebi sebagai pelengkap. Siapapun yang mencobanya pasti akan dibuat ketagihan oleh kenikmatan rasanya.

Cuko hitam atau kuah pempek umumnya memiliki rasa pedas, namun pada beberapa tempat kuliner khususnya yang bertuliskan “palembang”, kamu bisa menjumpai cuko hitam dengan rasa yang manis dan tidak pedas. Jadi bagi kamu yang anti atau tidak toleran terhadap rasa pedas, kamu bisa memintanya kepada pelayan untuk mengeluarkan cuko yang tidak pedas (alias manis).

Kalori Pempek Kapal Selam

Karena ukurannya yang cukup besar dalam satu kali saji, maka 1 porsi sajian pempek kapal selam bisa mengandung sekitar 413 kkal (sumber: Fat Secret Indonesia).

Harga Pempek Kapal Selam

Untuk harga terbilang cukup terjangkau, karena ukurannya yang besar (1 porsi) ditambah dengan rasa yang gurih dan lezat yang tak akan pernah kamu temukan pada makanan lainnya. Harga sangat bervariasi tergantung lokasi kamu berkunjung mulai dari Rp25,000,00 hingga 45,000,00. Namun kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah loh!

Cara Membuat Pempek Kapal Selam

Bikin pempek tidak sesusah yang kamu pikirkan kok. Daripada hanya membayangkan saja, lebih baik bikin pempek kapal selam di rumah saja yuk!


ADONAN PEMPEK

  • 500 g daging ikan tenggiri, haluskan
  • 30 g tepung terigu
  • 1 sdt bawang putih
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 350 g tepung tapioka
  • 220 ml air es
  • 14 butir telur

CUKO

  • 500ml air
  • 30g asam jawa
  • 7 buah cabai rawit halus
  • 250 g gula merah
  • 2 sdm cuka masak
  • 1 sdt garam
  • 5 siung bawang putih halus
  • 2 sdm ebi bubuk
  • 1 sdm tongcai, cincang halus

PELENGKAP

  • 1 buah mentimun, potong dadu
  • Mie kuning, rebus

Cara Membuat Pempek Kapal Selam

  1. Campurkan ikan tenggiri yang telah dihaluskan, tepung tapioka, dan aduk secara merasa sembari memasukan air sedikit demi sedikit. Lalu aduk adonan hingga kalis.
    (Note: campurkan air dan tepung sedikit demi sedikit agar lebih mudah untuk dibentuk dan tidak berlebihan).
  2. Kemudian masukan garam dan bawang putih lalu aduk Kembali hingga tercampur rata. Ambil satu bagian adonan, lalu bentuk menyerupai mangkuk dan masukan telur secukupnya dan tutup secara perlahan. Lalu rekatkan pinggiran pempek menggunakan jari telunjuk. Kemudian ulangi proses serupa hingga adonan habis.
  3. Adonan tersebut dapat kamu bagi menjadi 14 bagian. Sembari membulatkan adonan, alangkah baiknya bila kamu menaburkan tepung pada telapak tanganmu secara merata (Note: proses ini untuk memudahkan proses pembentukan dan tidak lengket di tangan.

Proses Perebusan & Penggorengan

  1. Setelah adonan selesai dibentuk, kamu bisa mendidihkan air. Sesaat sudah mendidih, kecilkan Kembali api dan masukan beberapa adonan tersebut secara perlahan ke dalam panci air mendidih.
  2. Rebus sekitar 10 menit. Angkat dan tiriskan. Setelah selesai direbus, kemudian panaskan minyak dan lanjutkan dengan proses menggoreng pempek hingga kulit berwarna cokelat keemasan dengan tekstur garing. Angkat, tiriskan.

Cara Membuat Cuko Hitam

Sebagai kuah atau cocolan pempek, Kamu bisa mencampurkan air, gula merah, asam jawa, dan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam panci lalu rebus dengan api kecil. Aduk hingga gula larut dan mengental.
(Note: Jangan tinggalkan rebusan cuko, hingga selesai dan api sudah dipadamkan. Meninggalkan cuko rebusan terlalu lama akan membuat gula merah gosong, dan rasa cuko menjadi pahit). Ketika selesai, angkat lalu saring cuko.

Sajikan Pempek Selagi Hangat. Jangan lupa untuk menaburkan timun dan ebi diatas pempek. Lalu sajikan Bersama mie dan cuko. Pempek siap disantap!

Umur Simpan Pempek

Membuat pempek memang susah-susah gampang. Namun kamu bisa loh membuat pempek langsung dalam jumlah besar sekaligus. Tenang saja, karena masa simpan atau umur simpan pempek cukup panjang (bisa hingga 2-3 minggu) asalkan kamu tahu cara menyimpannya.

Caranya dengan memasak pempek hingga pada tahapan rebus saja (bukan goreng). Lalu simpan di dalam wadah dan taburi pempek dengan tepung tapioka agar pempek tidak menempel satu sama lain saat proses penyimpanan. Kemudian simpan wadah tersebut pada freezer rumah mu. Jadi, Ketika kamu ingin memakannya, kamu bisa mengambil beberapa butir pempek kapal selam dan menggorengnya untuk menemani aktivitas keseharian mu.

Harga Pempek Kapal Selam

Untuk harga terbilang cukup terjangkau, karena ukurannya yang besar (1 mangkuk) ditambah dengan rasa yang gurih dan lezat yang tak akan pernah kamu temukan pada makanan lainnya. Harga sangat bervariasi tergantung lokasi kamu berkunjung mulai dari Rp25,000,00 hingga 45,000,00.

Tips Membuat Pempek Kapal Selam

  1. Jenis ikan yang dapat digunakan selain ikan tenggiri yaitu ikan gabus. Daging ikan gabus akan membuat tekstur pempek menjadi lebih kenyal.
  2. Usahakan daging ikan yang digunakan fresh dan dalam kondisi dingin agar mempertahankan tekstur yang kenyal di akhir.
  3. Jika sulit untuk memasukan 1 butir telur kedalam adonan yang telah dibentuk, kamu bisa menggantinya membuang sisa kelebihannya ataupun telur dikocok terlebih dahulu dan tuang secukupnya.
  4. Saat tahapan membuat cuko, usahakan agar rebusan tidak ditinggalkan dan tetap selalu diaduk untuk meminimalisir rasa pahit karena gula merah yang gosong di bagian bawah pancinya.
  5. Selain menggunakan telur ayam, kamu juga bisa menggunakan telur bebek loh! (tergantung seleramu).

Kesimpulan

Sekarang kamu pasti sudah mengetahui bagaimana cara membuat pempek kapal selam dengan benar kan? Jika kamu belum sempat menikmati secara langsung di daerah Palembang ataupun tempat kuliner favorit mu, kamu bisa loh membuatnya di rumah, which is pastinya low budget.

Jika kamu membuatnya di rumah, jangan lupa foto dan share ya pengalaman mu melalui kolom komentar. Dapatkan informasi menarik lainnya terkait destinasi wisata, kuliner, dan lainnya disini!


FAQ

Berapa harga pempek kapal selam?

Harga bervariasi mulai dari Rp25,000,00 hingga 45,000,00.

Berapa lama umur simpan pempek?

Masa simpan atau umur simpan pempek cukup panjang jika disimpan pada freezer (bisa hingga 2-3 minggu).

Apakah pempek Kapal Selam menggunakan telur?

Iya, pempek kapal selam menggunakan isian telur.

Kenapa disebut sebagai pempek kapal selam?

Penamaan tersebut didasarkan pada saat proses perebusan. Saat proses perebusan, pempek akan tenggelam di dasar wadah dan sesaat setelah matang maka pempek kembali mengapung ke permukaan. Proses ini lah yang menyebabkan pempek tersebut dinamai sebagai pempek kapal selam.

Share:

More Posts

Restoran bebek carok tretan muslim

Review Bebek Carok Tretan Muslim

Chuaaakszz! Begitulah teriakan para fans fanatik dari duet maut Tretan Muslim dan Coki Pardede. Sejak Mr. C terlibat kasus narkoba, terlihat bahwa Tretan Muslim sedang

Kategori

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *