1. Home
  2. »
  3. Destination
  4. »
  5. 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Singgah ke Bukit Cinta Ubud!

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Singgah ke Bukit Cinta Ubud!

Bukit Campuhan Ubud

Sekilas Tentang Bukit Cinta Ubud

Bukit Cinta Ubud sebenarnya memiliki nama Bukit Campuhan Ubud (Tjampuhan Ridge Walk). Campuhan dalam Bahasa Bali berarti tempat yang diapit oleh 2 sungai. Bukit ini merupakan hamparan pemandangan hijau dengan trek memanjang rapi di bagian punggungnya. Bukit ini berada di ketinggian 220 mdpl dan terletak di Jalan Bangkiang Sidem, Ubud, Kabupaten Gianyar. Untuk sampai ke bukit ini, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Denpasar dengan jarak tempuh sekitar 25 km. Kamu bisa menggunakan google maps untuk mempermudah perjalanan kamu menuju bukit ini.

5 Fakta Menarik Tentang Bukit Cinta Ubud:

1. Destinasi Wisata yang GRATIS!

Bukit Campuhan Ubud ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan sensasi liburan low budget karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk masuk ke tempat wisata ini. Kamu mungkin hanya perlu mengeluarkan uang untuk parkir kendaraanmu saja. Untuk mencapai bukit ini, kamu bisa melalui gerbang masuk Ibah Villas & Suites dan ambil jalan ke kiri. Kemudian, kamu akan menemukan papan yang bertuliskan “Going to the Hill” dan kamu bisa mengikuti papan petunjuk yang ada. Treknya sangat bersahabat bahkan bagi pemula sekalipun karena jalurnya jelas dan cukup lebar. Kamu hanya perlu berjalan sekitar 2 km dengan waktu tempuh selama 15-20 menit.

2. Bisa Menikmati Sunrise dan Sunset Sekaligus

Bukit Campuhan Ubud ini menyuguhkan panorama alam hijau yang terbuka, sehingga kamu bisa menikmati saat matahari terbit dan tenggelam. Kabut tebal biasanya terlihat berada di lembah bukit bertemu dengan hangatnya sinar mentari. Harmonisasi yang cantik antara keindahan perbukitan dengan cahaya semburat dari mentari pada pagi dan sore hari, membuat bukit ini menjadi tempat wisata yang instagrammable dengan harga yang terjangkau.

3. Jauh dari Keramaian

Bukit ini cocok bagi kamu yang ingin refreshing atau healing untuk melepas penat dari padatnya perkotaan. Tempatnya yang asri dengan lembah dan padang ilalang setinggi satu meter, membuat tempat ini menjadi sangat tenang dan damai. Untuk lebih menikmati bukit ini, kamu bisa menghindari saat musim hujan dan memilih musim panas di bulan April sampai Oktober.   

4. Tempat Jogging dan Bersepeda yang Ciamik

Bukit ini memiliki jalur yang ramah bagi kamu yang ingin jogging santai dan bersepeda sambil menikmati keasrian lanskap Bukit Campuhan. Ada banyak tempat penyewaan sepeda disekitar bukit ini, bahkan beberapa penginapan juga sudah menyediakan persewaan sepeda. Tarif penyewaan sepeda ini juga terbilang murah karena hanya mulai Rp 15.000 per hari.  

5. Terdapat Pura Gunung Lebah yang Menawan dan Kental dengan Adat Bali

Bukit ini masih menjadi satu dengan Pura Gunung Lebah yang tergolong dalam daftar Pura Kahyangan. Pura ini berada tepat dibawah Jembatan Kuning Payangan Sungai Campuhan. Kawasan pura ini suci dan disakralkan oleh umat Hindu serta menjadi cikal bakal dari eksistensi Desa Ubud. Gunung Lebah sendiri memiliki arti sebagai bukit kecil yang terletak di lembah.

Bukit Cinta atau Bukit Suci Campuhan ini menjadi tempat dari titik penghubung antara 2 aliran sungai di Ubud, yaitu Sungai Oos dan Sungai Cerik. Kecantikan bukit dan lokasinya yang tersembunyi mampu memikat seorang pendeta Hindu Bernama Rsi Markendya untuk membangun Pura Gunung Lebah ini yang selanjutnya dijadikan sebagai salah satu tempat meditasi di Ubud.

Kalau kamu menyukai hal-hal berbau sejarah dan budaya, kamu bisa melipir sebentar ke pura ini untuk sekedar melihat Pura yang menjadi salah satu cikal bakal Desa Ubud ini.

Tips & Trik Penting

Bukit Cinta Ubud

Source: Bukit Cinta Ubud

1. Tips Tidak Tersasar Saat Menuju Bukit Cinta Ubud

Kalau kamu berkunjung ke bukit ini, kamu bisa cari papan nama “Ibah Villas & Spa” karena belum ada papan nama khusus yang menunjukkan jalan ke bukit ini.

2. Tips Aktivitas Seru di Bukit Cinta Ubud

Kegiatan yang bisa kamu lakukan di bukit ini tidak hanya terbatas pada kegiatan olahraga saja, kamu bisa melakukan kegiatan lainnya seperti melukis dan mengambil foto. Kamu bisa menghabiskan waktu disini dari dini hari sebelum matahari terbit sampai matahari terbenam.   

3. Tips Terhindar dari Pegal

Kamu akan berjalan menaiki bukit untuk menikmati keindahan Bukit Cinta ini, jadi pastikan untuk menggunakan alas kaki yang sesuai dan nyaman di kakimu. Hindari menggunakan sandal jepit dan akan lebih baik untuk menggunakan sepatu anti slip agar kamu bisa meminimalisir rasa pegal sehabis berkunjung dari sini.

4. Tips Terhindar dari Lapar dan Haus

Mengingat bukit ini merupakan hamparan alam yang luas, pastikan untuk selalu membawa makanan dan minuman sebelum naik ke atas bukit. Ada banyak tempat makan dan kafe di bawah bukit untuk kamu mempersiapkan perbekalan. Tapi, kalau kamu datangnya pagi untuk menikmati sunrise, pastikan kalau kamu sudah membawa perbekalan dari hari sebelumnya sebagai antisipasi kalau tempat makan di bawah bukit belum buka.   

5. Tips Terhindar dari Kulit Belang

Kamu bisa berkunjung ke bukit ini pada pagi atau sore hari. Hindari untuk datang pada siang hari karena matahari akan terasa terik dan sulit untuk menemukan tempat berteduh. Kamu juga perlu menggunakan sunscreen untuk melindungi kulitmu agar tidak terbakar sinar matahari.  

6. Tips Selamat Sentosa Selama Liburan

Seperti yang telah disinggung diatas, tempat ini masih masuk dalam Kawasan Suci Pura Gunung Lebah. Jadi, kamu perlu memperhatikan etika dan perilaku kamu agar tidak menyinggung masyarakat lokal. Kamu dilarang melakukan tindak asusila, meminum miras, menggunakan narkoba, membuat keonaran, membuang puntung rokok, dan sampah sembarangan.  Bagi pengunjung yang melanggar, maka akan dikenakan sangsi tertentu, salah satunya yaitu denda.

Kesimpulan

Nah, itu tadi merupakan bahasan tentang 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Singgah ke Bukit Cinta Ubud. Bukit Cinta atau Bukit Campuhan Ubud ini menjadi salah satu destinasi wisata low budget dengan menyuguhkan wisata alam Bali yang menyegarkan. Kalau kamu beruntung, kamu juga bisa menyaksikan upacara adat di Desa Campuhan ini.

Kalau artikel ini membantumu dan kamu menyukainya, kamu bisa klik suka. Kalau kamu ada pertanyaan dan punya pengalaman menarik di Bukit Campuhan ini, kamu bisa langsung tulis di kolom komentar. Kamu juga bisa mendapatkan Informasi lengkap terkait ulasan wisata, kuliner, dan acara menarik disini!

FAQ

1. Bukit Campuhan buka jam berapa?

Sebenarnya Bukit Campuhan ini buka 24 jam, tapi biasanya tutup sekitar jam 18.30 sebagai antisipasi agar tidak ada yang melakukan hal kurang pantas pada malam hari di bukit ini.

2. Berapa tiket masuk Bukit Campuhan Ubud?

GRATIS! Kamu tidak perlu membayar tiket masuk ke Bukit Campuhan ini. Kamu hanya perlu membayar parkir sekitar Rp 5.000.

3. Bagaimana akses jalan menuju Bukit Campuhan?

Akses jalan ke Bukit Campuhan bagus kok tinggal mengikuti arahan google maps.

4. Apakah ada tempat parkir untuk motor dan mobil di Bukit Campuhan?

Ada, kamu bisa memarkirkan kendaraanmu di Ibah Villas, di halaman sekolah dekat sana, atau di sepanjang jalan Ubud. Pastikan untuk selalu mengunci ganda kendaraanmu sebagai antisipasi keamanan selama kamu di Bukit Campuhan.

5. Apa ada tempar parkir untuk bus di Bukit Campuhan?

Sepertinya kamu akan kesulitan untuk memarkirkan bus di sekitar lokasi Bukit Campuhan. Sebaiknya kamu membawa motor atau mobil saja.

6. Pintu masuk Bukit Campuhan di sebelah mana?

Kamu bisa masuk ke Bukit Campuhan ini melalui gerbang masuk Ibah Villas & Suites.

7. Lebih bagus melihat sunrise atau sunset di Bukit Campuhan?

Sunrise dan sunset di Bukit Campuhan ini memberikan suasana yang tentram dan syahdu. Tapi, melihat sunrise lebih enak daripada sunset karena biasanya lebih sepi pengunjung.

8. Apakah boleh membawa drone ke Bukit Campuhan?

Boleh, kamu tidak akan dikenakan biaya apapun untuk membawa drone di Bukit Campuhan ini.

9. Apakah ada penginapan di sekitar Bukit Campuhan?

Apakah ada penginapan di sekitar Bukit Campuhan?
Ada banyak penginapan di sekitar area Bukit Campuhan ini yang menawarkan beragam pilihan tipe penginapan, seperti homestay atau bungalows. Harganya rata-rata mulai dari Rp 200.000.

Share:

More Posts

Restoran bebek carok tretan muslim

Review Bebek Carok Tretan Muslim

Chuaaakszz! Begitulah teriakan para fans fanatik dari duet maut Tretan Muslim dan Coki Pardede. Sejak Mr. C terlibat kasus narkoba, terlihat bahwa Tretan Muslim sedang

Kategori

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *