1. Home
  2. »
  3. Tips
  4. »
  5. Stasiun Bandung Pintu Selatan atau Utara? Simak Perbedaannya Disini!

Stasiun Bandung Pintu Selatan atau Utara? Simak Perbedaannya Disini!

Stasiun Bandung

Stasiun Bandung

Stasiun Bandung merupakan salah satu stasiun kereta api di Bandung yang memiliki 2 pintu, yaitu pintu selatan dan utara. Kedua pintu tersebut merupakan pemisahan antara penumpang kereta api lokal dan jarak jauh. Pemisahan ini dimaksudkan agar bisa menghindari kerumunan di pintu utara dan selatan karena jumlah penumpang di Stasiun Bandung bisa mencapai 16.000 per harinya.

Kebanyakan penumpang terutama penumpang dari luar Kota Bandung biasanya akan bingung antara kedua pintu tersebut, terutama ketika minta dijemput atau mau pesan ojek online. Apakah kamu salah satunya? Kalau iya, baca perbedaan antara pintu selatan dan utara Stasiun Bandung disini!

Pintu Selatan Stasiun Bandung

Stasiun Bandung Pintu Selatan terletak di Jalan Stasiun Timur nomer 1. Pintu Selatan ini ditandai dengan patung kereta Stasiun Bandung yang besar didepannya. Pintu ini merupakan tempat keberangkatan dan kedatangan kereta lokal, seperti Cibatu, Cimahi, Cikudapateuh, Kiaracondong, Cicalengka, Galunggung, Padalarang, Rancaekek, dan lainnya.

Pintu Utara Stasiun Bandung

Stasiun Bandung Pintu Utara terletak di Jalan Kebon Kawung nomer 43. Pintu Utara adalah tempat keberangkatan dan kedatangan kereta jarak jauh, seperti Jakarta, Tasikmalaya, Jogjakarta, Malang, Surabaya, dan lain sebagainya. Aku sebagai warga Malang yang kantornya di Bandung, sudah pasti aku selalu masuk dan keluar di pintu utara ini. Dulu sempat bingung mau pesan ojek online untuk pick up di pintu yang mana dan hampir saja minta dijemput di pintu selatan. Kamu jangan sampai salah pintu ya kalau di Stasiun Bandung!

Kereta Api di Stasiun Bandung
Source: Dokumentasi Pribadi

Tips

1. Lihat jenis kereta apa yang kamu naiki, kereta api lokal atau jarak jauh. Kalau kereta api lokal, berarti kamu akan masuk dan keluar di pintu selatan. Kalau kereta jarak jauh, kamu akan masuk dan keluar di pintu utara.

2. Jangan datang terlalu mepet, datanglah sekitar 1 jam sebelum keberangkatan kereta. Beberapa kali aku menggunakan kereta jarak jauh, biasanya kereta yang kunaiki sudah berangkat dari stasiun 3-5 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta yang seharusnya.

3. Kamu hanya bisa menggunakan skybridge jika kamu menunjukkan tiket kereta. Skybridge adalah jembatan yang terbentang dari arah selatan ke utara dengan panjang mencapai 73 meter. Skybridge akan sangat memudahkan kamu apalagi kalau kamu membawa koper besar. Skybridge ini juga sangat ramah untuk penumpang disabilitas.

Bagi kamu yang masih bingung dan memiliki pertanyaan terkait stasiun dan jalur kereta api, kamu bisa langsung menghubungi PT. KAI lewat Twitter karena admin KAI di Twitter cukup responsif dalam membalas pertanyaan.

Nah, itu tadi merupakan bahasan tentang Perbedaan Pintu Utara dan Selatan di Stasiun Bandung. Kalau artikel ini membantumu dan kamu menyukainya, kamu bisa klik suka. Kalau kamu ada pertanyaan dan punya pengalaman menarik di Stasiun Bandung, kamu bisa tulis pengalamanmu di kolom komentar. Kamu juga bisa mendapatkan Informasi lengkap terkait ulasan wisata, kuliner, dan acara menarik disini!

FAQ

Stasiun Bandung KA lokal pintu apa?

Stasiun Bandung KA lokal akan masuk dan keluar di pintu selatan.

Stasiun Bandung di jalan apa?

Stasiun Bandung pintu selatan terletak di Jalan Stasiun Timur nomer 1, sedangkan pintu utara terletak di Jalan Kebon Kawung nomer 43.

Kereta Jakarta Bandung turun di stasiun apa?

Kereta Jakarta Bandung merupakan salah satu kereta api jarak jauh, jadi akan mask dan keluar di pintu utara.

Share:

More Posts

Restoran bebek carok tretan muslim

Review Bebek Carok Tretan Muslim

Chuaaakszz! Begitulah teriakan para fans fanatik dari duet maut Tretan Muslim dan Coki Pardede. Sejak Mr. C terlibat kasus narkoba, terlihat bahwa Tretan Muslim sedang

Kategori

1 komentar untuk “Stasiun Bandung Pintu Selatan atau Utara? Simak Perbedaannya Disini!”

  1. Kalo misal kita pakai kereta lokal, trus kebetulan tujuan kita tepat di depan pintu utara. Apakah kita boleh keluar lewat pintu utara?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *